Surat Muhammad Kepada Negus, Raja Etiopia*

Posted on Mei 23, 2012

2


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
Ini surat dari Muhammad, Rasul Allah, kepada Negus, Raja Etiopia. Salam bagi Anda. Puji syukur kepada Allah yang tiada sekutu bagi-Nya. Dialah Allah yang tiada pada-Nya kekurangan dan kesalahan; hamba-Nya yang taat akan selamat dari murka-Nya. Dia melihat dan menyaksikan amal perbuatan hamba-hamba-Nya.
Saya bersaksi bahwa nabi Isa putra Maryam adalah ruh Allah dan kalam [Allah] yang menghuni rahim Maryam yang saleh. Allah menciptakannya dalam rahim ibunya tanpa ayah dengan kekuasaan-Nya sebagaimana Dia menciptakan Adam tanpa ayah dan ibu.
Saya mengajak Anda kepada Allah Yang Esa yang tidak bersekutu, dan meminta Anda menaati-Nya dan mengikuti agama saya. Percayalah kepada Allah yang mengangkat saya sebagai nabi.
Hendaklah Anda mengetahui bahwa saya adalah Rasul Allah. Saya mengajak Anda dan seluruh tentara Anda kepada Allah ta’ala dan dengan mengirim surat dan duta ini saya telah melakukan tanggungjawab berat yang terpikul di pundak saya dan telah menasihati Anda. Salam atas orang-orang yang mengikuti petunjuk.

*Sirry, Mun’im A., 2004,Fikih Lintas Agama Membangun Masyarakat Inklusif-Pluralis, Jakarta: Paramadina. Hal. 71.

Posted in: Dokumentasi